Dreamweaver & WordPress

Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall. Aplikasi ini menyediakan transfer dan fitur sinkronisasi, kemampuan untuk mencari dan mengganti baris teks atau kode untuk mencari kata atau kalimat biasa di seluruh situs, dan templating feature yang memungkinkan untuk berbagi satu sumber kode atau memperbarui tata letak di seluruh situs tanpa server side includes atau scripting. Behavior Panel juga memungkinkan penggunaan JavaScript dasar tanpa pengetahuan coding, dan integrasi dengan Adobe Spry Ajax framework menawarkan akses mudah ke konten yang dibuat secara dinamis dan interface.

Dreamweaver dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga untuk memperpanjang fungsionalitas inti dari aplikasi, yang setiap pengembang web bisa menulis (sebagian besar dalam HTML dan JavaScript). Dreamweaver didukung oleh komunitas besar pengembang ekstensi yang membuat ekstensi yang tersedia (baik komersial maupun yang gratis) untuk pengembangan web dari efek rollover sederhana sampai full-featured shopping cart.

Dreamweaver, seperti editor HTML lainnya, edit file secara lokal kemudian diupload ke web server remote menggunakan FTP, SFTP, atau WebDAV. Dreamweaver CS4 sekarang mendukung sistem kontrol versi Subversion (SVN).

Fungsi Dreamweaver

Fungsi utama Dreamweaver adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendesain sebuah web
  2. Untuk membuat program berbasis web
  3. Untuk membuat template blog yang sering digunakan oleh para Blogger
  4. Untuk membuat situs web

Berikut merupakan Fungsi dari beberapa Fitur yang terdapat pada software Dreamweaver:

  • Menu Bar
    Menu Bar berisi tentang perintah-perintah yang dapat digunakan untuk bekerja pada software Dreamweaver.
  • Insert Bar
    Insert Bar lebih banyak mengandung tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam objek seperti gambar, tabel, dan layer dalam dokumen
  • Document Window
    Document Window dapat menampilkan dokumen-dokumen saat anda bekerja
  • Document Tool Bar
    Document Tool Bar berisi tombol-tombol dan menu-menu pop up yang menyediakan tampilan berbeda dari Document Window
  • File Panel
    File Panel memperlihatkan group file berdasarkan site yang sedang anda kerjakan
  • Tag Selector
    Tag Selector dapat menampilkan Hierarki tag di sekitar pilihan yang aktif pada design view untuk memilih komponen atau objek pada web page kita.
  • Panel Group
    Panel Group digunakan sebagai window pembantu untuk bekerja pada software Dreamweaver
  • Site Panel
    Site Panel dapat mengatur file dan folder yang membentuk halaman situs web yang anda kerjakan
  • Panel Design
    Panel Design berisi format-format CSS (Cascading Style Sheet) yang ada pada dokumen yang sedang anda kerjakan
  • Panel Code
    Panel Code berisi format-format HTML (HyperText Markup Language) dan juga penggunaannya.

Pada kolom Category terdapat beberapa kategori file baru yang dapat dibuat, mulai dari Basic page hingga Page DesignsBerikut ini penjelasan singkat mengenai kategori tersebut:
  • Basic page

Basic page digunakan untuk membuat file-file dasar situs web. File yang termasuk dalam kategori ini antara lain file HTML, CSS, Javascript dan XML.

  • Dynamic page

Dynamic page digunakan untuk membuat file-file dinamis. Yang dimaksud dengan file dinamis adalah file atau script berbasis server (server-sidescripting). Masuk dalam kategori ini antara lain PHP, ASP, ColdFusion dan JSP.

  • Template page

Kategori ini menampilkan pilihan untuk membuat file baru yang berupa template. Template tersebut dapat berupa template untuk HTML, PHP atau yang lainnya.

  • Other

Kategori Other menampilkan jenis file yang tidak ada di tiga kategori sebelumnya, antara lain file Text, Java, dan seterusnya.

  • CSS Style Sheets

Pilihan kategori ini berisi beberapa contoh halaman CSS siap pakai.

  • Framesets

Jika kita ingin membuat situs dengan menggunakan frame, maka pilihlah kategori ini dan kita dapat memilih tampilan frame yang sesuai.

  • Page Designs (CSS)

Kategori ini menampilkan beberapa contoh layout halaman situs yang didesain dengan CSS.

  • Starter Page

Pada kategori Starter Page ditampilkan pilihan beberapa layout halaman depan situs. Kita dapat memilih sesuai keinginan kita.

  • Page Designs

Page Designs menampilkan berbagai format atau template dasar halaman web.

 

Kelebihan Dreamweaver :

  1. Kemampuannya membuat halaman web yang terlihat konsisten.

Adobe Dreamweaver sudah terinstall beberapa template yang elegan dan menarik. Tentunya ini memudahkan anda yang ingin belajar membuat sebuah web namun anda belum mampu membuat design web sendiri. Jika anda ingin membuat lebih dari 10 halaman web dengan didasarkan design template tertentu maka web anda akan memiliki gaya halaman web yang sama dan terlihat konsisten dari halaman perhalaman.

  1. Kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan

Program ini tidak hanya dirancang untuk anda yang sudah mahir dan mengerti bahasa pemrograma. Bagi anda yang belum mengerti bahasa pemrograman, anda bisa membuat halaman web dengan hanya cara mengklik atau drag and drop menggunakan mouse serta anda juga bisa melihat halaman html-nya selama  proses desain berlangsung. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan WYSIWYG (What You See Is What You Get)

Selain itu dreamweaver memiliki kemampuan memperlihatkan 3 proses yang berbeda, yaitu :

  • Code View : Berfungsi untuk hanya menampilkan script html saja.
  • Desain View : Berfungsi menampilkan kode-kode html yang anda tulis menjadi sebuah design/template    yang nantinya akan ditampilkan di browser.
  • Split View : Berfungsi menampilkan gabungan antara Code View dan Desain View pada saat bersamaan.Jadi anda bisa langsung melihat perubahan pada saat anda mengubah htmlnya.
  1. Mudah untuk mengupload melalui FTP

Dreamweaver sudah dilengkapi dengan fitur FTP jadi setelah anda selesai membangun sebuah web, anda bisa langsung menguploadnya melalui FTP . FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

  1. Dapat dikustom

Dreamweaver dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Menu, tab, perintah, font dan warna semua kode dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi. Hal ini dapat secara efektif memudahkan proses desain web. Selain itu dreamweaver didukung banyak plug-in yang membantu anda dalam proses desain.

Kekurangan Dreamweaver :

  1. Harga Software yang Cukup Mahal.

Mungkin salah satu kekurangan dari Dreamweaver ini adalah dari segi harga. Dreamweaver CS5 dibandrol oleh Adobe sekitar $399. Harga yang mungkin terjangkau oleh kalangan tertentu saja.

WordPress

WordPress adalah perangkat lunak publikasi untuk keperluan personal. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa WordPress adalah perangkat lunak untuk Blogging.

 

WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs.

WordPress melalui pendirinya Matt Mullenweg dan Mike Little pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Pada September 2013, versi 3.6 telah diunduh lebih dari 6 juta kali.

Dalam penggunaannya wordpress lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium. Untuk kamu yang tidak memiliki domain sendiri, kamu juga bisa menggunakan wordpress seperti blogspot dengan menggunakan nama domain namapilihankamu@wordpress.com secara gratis langsung saja daftar disini www.wordpress.com

Tema

Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs. Tema dapat diinstal menggunakan WordPress “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP. PHP, HTML & CSS ​​kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih. Tema atau Themes wordpress tersebar banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar.

Plugin

Salah satu fitur yang sangat populer dan unik dari wordpress adalah plugin, kamu bisa menambahkan berbagai macam fitur tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman. WordPress sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin, dan masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Fitur custom ini meliputi Search engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, membuat fitur video youtube atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

Multi-user dan multi – blogging

Sebelum WordPress 3.0, WordPress didukung satu blog per instalasi, meskipun beberapa salinan bersamaan dapat dijalankan dari direktori yang berbeda jika dikonfigurasi untuk menggunakan tabel database yang terpisah. WordPress Multi-User ( WordPress MU, atau WPMU ) adalah sebuah garpu dari WordPress diciptakan untuk memungkinkan beberapa blog untuk tetap eksis dalam satu instalasi tetapi dapat diberikan oleh pengelola terpusat. WordPress MU memungkinkan bagi mereka dengan situs untuk menjadi tuan rumah komunitas blogging mereka sendiri, serta kontrol dan moderat semua blog dari dashboard tunggal. WordPress MU menambah delapan tabel data baru untuk setiap blog.

Mobiles

WordPress sendiri tersedia diberbagai platform WebOS, Android, iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), Windows Phone, dan BlackBerry Aplikasi ini, dirancang oleh Automattic. Dengan berbagai fitur pilihan yang meliputi menambahkan posting blog baru dan halaman, komentar, moderasi komentar, membalas komentar di samping kemampuan untuk melihat statistik.

Fitur lain

WordPress juga fitur manajemen link terintegrasi, sebuah mesin pencari ramah, struktur permalink bersih, kemampuan untuk menetapkan bersarang, beberapa kategori untuk artikel, dan dukungan untuk tag posting dan artikel. Filter otomatis juga termasuk, menyediakan format standar dan styling dari teks dalam artikel (misalnya, mengubah tanda kutip biasa untuk tanda kutip pintar). WordPress juga mendukung standar Trackback dan Pingback untuk menampilkan link ke situs lain yang memiliki sendiri dihubungkan dengan sebuah posting atau artikel.

Sejarah

B2/cafelog, lebih dikenal hanya sebagai b2 atau cafelog, adalah pelopor WordPress. B2/cafelog diperkirakan telah digunakan di sekitar 2.000 blog pada Mei 2003. Hal ini ditulis dalam PHP untuk digunakan dengan MySQL oleh Michel Valdrighi, yang sekarang menjadi pengembang berkontribusi terhadap WordPress. Meskipun WordPress adalah penerus resmi, proyek lain, b2evolution, juga dalam pengembangan aktif.

WordPress pertama kali muncul pada tahun 2003 sebagai upaya bersama antara Matt Mullenweg dan Mike Little untuk menciptakan sebuah garpu dari b2. Christine Selleck Tremoulet, teman Mullenweg, mengusulkan nama WordPress.

Pada tahun 2004 istilah lisensi untuk bersaing Jenis paket Movable diubah oleh Six Apart dan banyak pengguna yang paling berpengaruh bermigrasi ke WordPress. Pada bulan Oktober 2009 2009 Open Source sistem manajemen konten Pangsa Pasar Laporan mencapai kesimpulan bahwa WordPress menikmati kekuatan merek terbesar dari setiap sistem manajemen konten open source.

Hosting

WordPress selain bisa berjalan menggunakan hosting gratis dari wordpress sendiri. dengan nama berakhiran “namadomainkamu@wordpress.com”. Kita juga bisa melakukan custom dengan menyewa hosting sendiri.

Penghargaan

Pada tahun 2007, WordPress memenangkan Packt Open Source CMS Penghargaan.
Pada tahun 2009, WordPress memenangkan Packt terbaik Open Source CMS Awards.
Pada tahun 2010, WordPress memenangkan Hall of Fame yang kategori CMS di 2010 Open Source Awards.
Pada tahun 2011, WordPress memenangkan Sumber Open Web App of the Year Award di The Critters.

 

Kelebihan WordPress:

WordPress merupakan salah satu CMS blog yang paling digemari oleh para Blogger untuk membuat blog mereka. berikut adalah beberapa keunggulan dari CMS WordPress:

  • Bersifat bebas ( free/gratis ) karena dilisensikan di bawah lisensi GNU Public Licence.
  • Dapat digunakan secara offline ( tanpa konrksi internet ) menggunakan web server yang di instal secara lokal.
  • Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP dan MySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versi MySQL minimal adalah 3.23.x.
  • Mudah dikustomisasi.
  • Meneyediakan banyak theme dan plugin.
  • Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidak terbatas.
  • Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom.
  • Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting.
  • Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.
  • Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
  • Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah.
  • Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.
  • Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog.
  • Fasilitas searching yang nyaman.
  • Proses publish konten secara instan.
  • Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
  • Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.
  • Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.

Kelemahan Blog dengan Menggunakan WordPress.com :

Tidak bisa mengatur halaman hosting

Karena wordpress.com adalah blog gratisan yang sudah menyediakan layanan hosting yang juga gratis, maka anda tidak bisa mengakses panel hostingnya. Bagaimana penagaturan dan sistem databasenya tidak akan bisa anda lihat apalagi pelajari. Jika anda ingin membuat script PHP sendiri untuk membuat form-form tertentu, jelas tidak bisa. Misalnya menjadikan blog anda sebagai blog forum, situs member, dan sejenisnya tidak bisa. Singkatnya, keleluasaan anda untuk mengoptimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri yang berbayar tidak akan bisa.

Konten atau blog tidak mutlak milik sendiri

Karena hostingnya bukan milik anda, maka semua konten dan status kepemilikan blog anda hanya bersifat semu, sama dengan engine blog-blog gratisan lainnya (blogger.com dan multiply misalnya). Anda sebenarnya hanya sebagai pengguna. Bukan pemilik mutlak atas blog anda. Karena jika sewaktu-waktu ada kebijakan dari pihak wordpress.com, misalnya menghapus konten blog anda, atau meniadakan layanan blog gratisan mereka, maka anda tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun sejauh ini hal itu belum terjadi. Berbeda dengan jika anda menggunakan blog wordpress dengan hosting sendiri, dimana andalah pemilik dan penguasa mutlak atas blog anda sendiri.

Tidak leluasa untuk menata tampilan blog

Halaman CSS (cascading style sheet) adalah halaman yang sangat penting untuk mengatur script HTML untuk menata tampilan blog. Dengan CSS itulah kita akan leluasa untuk mengutak-atiknya. Tapi pada wordpress.com fasilitas ini tidak disediakan secara gratis. Anda baru bisa menggunakannya dengan membayar. Sedangkan fitur template untuk mengatur tampilan sangat terbatas. Hanya template-template tertentu dari pihak ketiga yang sudah menyediakan fiturnya. Dan biasanya hanya bisa mengganti header dan sidebar. Setidaknya itulah yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Tidak bisa menggunakan plugin

Plugin wordpress adalah sejenis aplikasi tampahan yang sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi blog wordpress. Dan jumlahnya sangat banyak, sudah mencapai belasan ribu saat saya menulis postingan ini. Tapi tidak tersedia untuk blog yang menggunakan blog wordpress.com. Kecuali jika anda menggunakan blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri (berbayar) baru bisa menggunakan semua plugin tersebut.

Tidak menerima script iklan bisnis google adsense

Sudah lazim dalam dunia blogging bahwa banyak blogger akhirnya menjadikan blog sebagai mesin bisnis. Baik blog gratisan apalagi yang berbayar. Dan kebanyakan bisnis internet dengan blog biasanya menggunakan bisnis melalui iklan. Nah, salah satu bisnis iklan (PPC = Pay Par Klik) yang paling popular di dunia adalah bisnis Google adsense, dimana untuk menampilkan iklannya harus menggunakan script atau bahasa kode. Tapi hingga tulisan ini saya luncurkan, setahu saya wordpress.com tidak bisa menerimannya. Begitu juga dengan script-script iklan tertentu. Berbeda dengan blogger.com yang memang milik google justru langsung built in untuk bisnis google adsense.

Akan tetapi untuk bisnis lain tentu saja tetap bisa. Misalnya bisnis paid review, bisnis ebook, dan lain-lain.

 

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Dreamweaver

Buku Ngeblog Dengan WordPress Itu Gampang Halaman 3

https://jevrie-brothers.blogspot.co.id/2011/04/kelebihan-kekurangan-dreamweaver.html

https://luhursasmita.wordpress.com/kelebihan-kelemahan-wordpress/

http://aribowo.net/wordpress-pengertian-fungsi-dan-kegunaannya/

https://e-komputer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-dreamweaver.html

https://dutailmu-dian.blogspot.co.id/2017/01/pengertian-dan-fungsi-software.html

Dan beberapa gambar dari Google Search

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s